23 April 2009

Forum Digitalpoint Menembus Batas Keberhasilan

Sudah berapa banyak forum yang kalian ikuti selama ini untuk tujuan bisnis online? Apakah 1, 2, 3 atau bahkan sama sekali belum pernah bergabung dengan forum manapun? Tapi aneh rasanya kalau kita sering online tanpa sekalipun bergabung satu forum tertentu. Ya gak?

 Entah sudah berapa banyak forum yang kita ikuti dengan beragam ilmu pengetahuan atau pun tingkat penghasilan bisnis online, berikut penulis akan berbagi pengalaman tentang pentingnya kita menjadi anggota di forum yang barangkali bisa dibilang teraktif di dunia online saat ini. Yakni Forum digitalpoint. Penulis yakin semua pebisnis online mengenal forum ini. Penulis sendiri sudah mengikuti forum ini selama beberapa tahun. Banyak pengalaman positif yang didapat namun ada juga pengalaman tidak menyenangkan yang dialami. Dibanned dari forum pernah karena login ke forum dari komputer publik yang kebetulan baru saja digunakan oleh salah satu anggota Forum Digitalpoint. Namun kita tidak akan bicara pengalaman tadi. Lebih baik kita ngobrol yang menyenangkan saja. Bagaimana?

 Satu hal yang menyenangkan dari forum ini adalah kalian bisa menghasilkan uang dari sana. Caranya kalian harus punya produk. Disarankan produk hasil karya sendiri. Ditambah sedikit pengetahuan berbahasa Inggris walaupun pasif, itu sudah cukup untuk mendongkrak keberhasilan penjualan melalui forum ini. Syarat berikutnya yang penting dimiliki adalah punya account PayPal (sebaiknya yang verified). Jika sudah punya semua syarat ini mari kita mulai register di forum Digitalpoint sekarang.

 Klik pada link register dan isi senua form yang disediakan. Link konfirmasi register akan dikirimkan ke email secara otomatis dan kalian akan diminta untuk mengklik pada link activasi yang dikirimkan oleh DP. Setelah link tadi di klik, kalian akan menuju halaman login. Isi username dan password, klik submit. Masuk ke usercp dan ganti gravatar kalian. Saran: buatlah gravatar (image) berukuran 100 x 100 pixel. Usahakan gravatar bertuliskan nama domain kalian. Berikut masuk ke topik review. Baca dan review minimal 14 thread yang ada disana. Tunggu selama 7 – 14 hari, kalian bisa mengisi signature dengan link web url kalian. Selama masa menunggu ini sebaiknya kalian tetap aktif berkunjung dan membuat review atau ulasan terhadap beberapa website baru pada topik review. Gunakan bahasa ulasan yang sederhana dan langsung tepat sasaran. Hindari penggunaan bahasa Inggris yang kurang tepat. Juga kurang yakin dengan bahasa Inggris kalian jangan malu untuk menyampaikannya diawal reply atau thread kalian. Para anggota forum sangat memahaminya.

 Jangan lupa untuk segera menempatkan web url kalian pada signature melalui usercp. Signature adalah identitas sekaligus lahan promosi produk yang diperbolehkan forum DP. Setelah 14 hari masa keanggotaan dan minimum 25 review yang dibuat maka hak untuk masuk ke 'marketplace' bisa didapat. Perhatikan marketplace inilah tempat kita berbisnis online.


Susah Senang Komunitas dan Forum Diskusi Online

Di era serba modern ini kita menyaksikan dan dapat memprediksi bahwa perkembangan dunia maya dan dunia internet semakin maju pesat. Hal ini dapat dilihat pada perkembangan komunitas online kian hari semakin bertambah. Bahkan di masa sekarang hampir semua website membuat forumnya sendiri-sendiri dengan topiknya yang fokus sesuai tema masing-masing. Website branding pun beramai-ramai membuat forum yang tergabung dalam sebuah komunitas online. Bahkan kini forum swadaya artinya yang dibuat oleh suatu komunitas sendiri dengan biaya sendiri atau pribadi pun semakin banyak, demikian juga dengan topik yang disuguhkan sangat beragam bahkan kompetitif.

 Memang tidak bisa dipungkiri membuat sebuah komunitas atau sebuah forum bisa dibilang sangat mudah. Semua orang bisa dibilang sangat mudah. Semua orang bisa membuatnya dengan menggunakan beragam aplikasi open source populer seperti PHPBB, PHPNuku hingga yang komersial dan lebih kompleks seperti Invision Power Board atau vBulletin. Bahkan kita bisa mengeceknya di Wikipedia.

 Diantara sekian banyak forum yang sempat diamati memang tidak semuanya popular dan mampu membuat kita terpana. Malah bisa dibilang sepi untuk dikonsumsi alias sepi pengunjung. Sebetulnya apa sih yang membuat sebuah forum tersebut bisa kita kemas sedemikian menarik dan layak dikunjungi khalayak umum?

 Dipastikan faktor utamanya adalah forum tersebut harus memberikan manfaat bagi pengguna sehingga tidak dipandang sebelah mata. Karena bagi jika pengguna mencari atau ingin menanyakan suatu hal maka ia akan mencari forum yang relevan. Forum-forum yang spesifik membahas topik tertentu biasanya ramai dikunjungi oleh peminat topik yang sama. Jika misalnya seseorang mencari petunjuk tentang aplikasi Flash data biasanya ia lari ke forum lainnya. Kalau ia punya pertanyaan seputar komputer, ia akan menanyakannya di Forum Komputer.

 Forum adalah sebuah bentuk media komunitas. Setiap orang adalah makhluk sosial dan ingin berkumpul dengan rekan-rekan lainnya. Setiap orang ingin menjadi bagian dari suatu komunitas. Forum ikut menjawab salah satu kebutuhan itu. Makanya tidak jarang diskusi online di forum-forum diikuti dengan kegiatan kopi darat rutin antara anggota forum tersebut.

 Karena di masa sekarang semakin sedikit forum yang khusus membahas satu tema tertentu mungkin karena upaya pengembangan forum yang sulit, pengelola forum berpikir untuk menjangkau semua topik, semua segmen. Harapannya makin banyak orang akan datang ke forumnya terlepas dari apapun topiknya. Hal ini semakin banyak terlihat dari forum-forum yang berkembang sekarang.

 Cek saja misalnya di Kaskus, Kafegaul, Kongkow, Blue Brainers, Indosiar, Web Gaul, dan lain-lain. Isi forumnya terlalu bervariasi dengan pilihan topik yang selalu saja ada antara lain: film, news, olahraga, curhat, musik, games, dan jual beli. Memang sih forum dengan beragam topik ini banyak menarik anggota. Mungkin hal ini ditunjang oleh loyalitas para anggotanya yang ikut mengembangkan forum ini sejak awal dibentuk.
 Diluar forum-forum yang dikembangkan oleh media dan forum-forum swadaya yang sudah memiliki basis komunitas, beberapa brand ikut pula membuat forum di websitenya. Dan kelihatannya belum pernah ada website brand yang bisa sukses dengan forumnya. Coba lihat website LA Lights atau F1 Indonesia, semuanya sepi pengunjung.

 Hal ini masih menimbulkan pertanyaan? Kenapa bisa sepi oleh pengunjung? Jawabannya yang pasti dapat kita prediksi sendiri. Tetapi mungkin kita juga perlu bertanya apa yang mempengaruhi semua itu? Apakah karena unsur brand yang terlalu kuat sehingga orang malas untuk masuk menjadi anggota? Ataukah topiknya memang tidak menarik sama sekali untuk mereka? Ataukah karena website brand ini yang umumnya hanya berumur sesaat sehingga tidak ada waktu untuk mengembangkan komunitasnya lebih lanjut? Ataukah model monitoring forum yang terlalu ketat karena harus menjaga nama baik brand sehingga menyebabkan orang antipati untuk berbagi di forum tadi? Atau jangan-jangan memang tidak tepat bagi sebuah brand untuk membangun forum di websitenya. Mungkin brand perlu memikirkan alternatif lain diluar forum kalau ia masih tertarik untuk mengembangkan komunitasnya.

 Namun dari kesekian masalah yang timbul saat ini akhirnya memunculkan pertanyaan dan penulis pikir penyebabnya memang tidak jauh dari yang disebutkan tadi atau bahkan juga campuran dari semua alasan tersebut. Tetapi dalam masalah ini unsur brand yang terlalu kuat memang bisa menjadi penyebabnya. Karena anggapan orang tentang sesuatu brand kan memang agak sulit diubah. Karenanya dalam masalah ini dibutuhkan waktu berfikir kembali tentang sebuah brand. Kalau mengenai topik yang kurang menarik, diperkirakan tidak ada yang terlalu di permasalahkan sebab setiap topik pasti punya kelompoknya sendiri.

 Mengenai waktu yang kurang itu menjadi kendala semua bisnis komunitas online. Kalau mau diseriusin butuh waktu serta ketelatenan serta keuletan masing-masing pemilik forum. Bisnis yang baru muncul dengan harapan langsung booming sebuah hal yang mustahil namun tidak tertutup kemungkinan itu terjadi di dunia online. Selain itu unsur monitoring yang terlalu kuat juga menjadikan penyebab yang cukup besar. Kelompok masyarakat yang senang ngobrol-ngobrol di forum biasanya anak-anak muda, remaja gaul yang kurang menyukai tradisi jadul alias jaman dulu, walau tidak mutlak terbatas itu. Karena karakter anak muda saat ini diantaranya menyukai berbagai kegiatan yang real sambil mengexpresikan kemampuan diri sebebas-bebasnya. Sementara orang tua mungkin memandang hal itu sebagai hal yang kurang baik yang bisa menjadi faktor buruk bagi perkembangan anak, khususnya remaja. Padahal kalangan muda lah yang selama ini mendominasi forum-forum online yang ada sekarang.

 Salah satu contoh dari sekian banyak forum yang ada terdapat 1 forum yang ramai dan bahkan bisa dibilang sangat ramai pengunjung dan diskusi antar anggota forum pun berlangsung aktif tanpa henti. Forum ini adalah forum ponsel (http://forumponsel.com). Kalau dilihat dari latar belakangnya, forum ini segmented hanya membahas seputat ponsel dan gadget. Namun dari sekian banyak forum kita bisa mendapatkan akses mudah untuk masuk ke dalamnya. Jadi kalau kita perlu sebuah informasi tentang satu produk ponsel tertentu tinggal cari-cari review atau pembahasan tentang merk yang dicari di Forum Ponsel. Ingin lihat perkembangan dunia PC bisa dilongok di forumnya Oprekpc.com. Forum yang segmented begitu kemungkinan bisa bertahan cukup lama dengan anggota fanatiknya. Kira-kira begitu.

 Sedangkan forum atau ruang ngegame dari luar yang cukup menarik untuk diikuti adalah Chaos Game. Web komunitas game ini secara khusus mengambil segmen ilmu pengetahuan dengan berbagai kategori yang tersedia. Mulai dari sejarah dunia, bahasa, internet, gaya hidup, buku, komputer dan banyak lagi yang lainnya. Asyiknya gabung di web komunitas game ilmu pengetahuan ini adalah setiap kali kita memenangkan sebuah game kita akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan uang digital (PayPal). Menariknya lagi, mendaftar di game ini GRATIS.