25 Februari 2009

Sejarah Hacking – The 141s

 Tahun 1960-an ada suatu organisasi mahasiswa di Tech Model Railroad Club pada Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT), yang beberapa diantara anggotanya merintis perkembangan teknologi komputer dengan membangun jaring kecil dari beberapa komputer mainframe.

 Dari aktifitas mereka ini, muncul lah kata hacker yang sebenarnya diperuntukan bagi mereka jago dibidang komputer dan mampu membuat program-program komputer baru yang lebih baik daripada program komputer hasil kerja bersama. Sejak masa itu kata hacker menjadi satu julukan positif yang membanggakan bagi programer.

 Julukan ini membanggakan dan mau diakui secara terbuka. Namun pada tahun 1983, ada sebuah peristiwa yang membuat para hacker enggan mengakui keberadaan dan kemampuan diri mereka. Pasalnya pada tahun itu ada sebuah kelompok programer yang menamai diri mereka The 141s berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat melakukan pembobolan 60 unit komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan Kattering hingga Komputer Laboratorium Nasional Los Alamos (tempat percobaan nuklir AS).

 Karena alasan kemampuan hacking yang disalahgunakan inilah akhirnya arti hakiki hacker berkonotasi minus terutama di kalangan awam. Hacker pun menjadi enggan tampil secara terbuka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar