19 Maret 2009

Cara Cepat Bikin Website Blog

Sebenarnya tulisan tentang cara membuat blog baik secara gratis maupun berbayar sudah banyak bisa kalian temukan di toko-toko buku dan informasi-informasi yang tersebar di banyak website blog para blogger tanah air.

 Namun karena melihat antusiasme rekan-rekan user internet tanah air, khususnya mereka yang baru 'mulai' tertarik dengan namanya blogging, akhirnya tulisan ini dibuat.

 Tips blogging kali ini yang memilih judul “Cara Cepat Bikin Website Blog” akan menuntun kalian tahap demi tahap membangun blog sendiri secara mudah dan cepat. Tidak perlu keahlian programing. Jika kalian bisa membuat 'account' email itu berarti kalian juga bisa membuat blog bahkan lebih cepat dari waktu kalian membuka account email baru. Disini kita akan belajar bersama membuat blog pribadi menggunakan jasa blog hosting yang disediakan oleh Search Engine terbesar dunia, Google melalui web blog gratisnya Blogger.com dan Blogspot.com.

 Alasan memilih Blogger dan Blogspot adalah karena kemudahan, tampilan halaman setting blog yang bersahabat, bisa diatur secara mudah dan terintegrasi dengan Gmail sehingga setiap pengguna email gratis di Gmail otomatis telah memiliki website blog dengan sub domain yang sama dengan account di Gmail. Contoh: penulis baru saja membuat email baru di Gmail.com dengan username “infonetonline.news”. Setelah account dibuat, buka jendela browser baru dan isi dengan alamat URL http://www.blogspot.com yang akan menjadi server blog kalian.

 Segera masukkan username dan password sesuai yang dibuat di Gmail. Kemudian blogpsot akan membawa kalian pada halaman seting nama blog dan subdomain yang diinginkan. Buatlah judul blog dan subdomain yang sama agar familier dengan search engine besar seperti Google dan Yahoo!. Penulis membuat email, judul blog dan subdomain blog yang sama yakni: infonetonline dimana blog ini akan dimanfaatkan untuk menuliskan segala hal yang berhubungan dengan informasi internet online di dunia ini.

 Jika terlihat ada logo blogger Mobile, itu menandakan bahwa blog ini dibuat melalui handphone dengan memanfaatkan fasilitas internet GPRS dari yang tersedia. Dalam kasus ini penulis menggunakan Nokia 6120 Classic. Membuat blog melalui handphone sama mudahnya. Namun kita tidak akan membahasnya sekarang. Jika diperlukan pembahasan akan dimuat pada artikel berikutnya.

 Okey! Mari kita lanjutkan. Setelah penanaman judul dan subdomain selesai langsung saja klik tombol lanjutkan untuk menuju pada tahap berikutnya, yakni memilih template. Pilih saja sembarang template yang sudah disediakan blogspot. Jika kalian ingin menggantinya sesuai 'selera' sendiri, baca artikel “Desain Blog Tampil Lebih Oke!”.

 Setelah proses pemilihan template rampung, klik tombol lanjutkan, untuk menuju halaman admin atau Dasbor. Pada halaman ini blogspot menyajikan semua yang kalian butuhkan. Namun pada tahap awal kita akan langsung menuju halaman penulisan artikel. Cari tombol 'tulis', klik dan tunggu sebentar untuk menuju form penulisan artikel.
 Dalam hitungan detik, form isian artikel segera tampil dihadapan kalian. Isilah form ini dengan postingan (artikel) yang sudah kalian persiapkan sebelumnya. Jika ingin menambahkan postingan dengan gambar cobalah mengarahkan panah mouse pada tab add images yang berada tepat diatas form artikel.

 Bila Penulisan artikel selesai, klik tombol 'publikasikan'. Dalam 2 detik blog kalian sudah bisa dilihat. Jika ingin melihat hasil blog, klik saja link “lihat blog” ...... Jreng! Langkah membuat blog selesai! Ayo kita baca artikel berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar