19 Maret 2009

Desain Blogspot Tampil Lebih Oke!

Setelah proses membuat blog tadi, sekarang kita akan memasuki tips berikut tentang desain blog. Disini kita akan membahas bagaimana cara mengganti template 'default' dengan template yang sesuai keinginan selera sendiri.

 Sebagai blogger pemula, sebaiknya manfaatkan template-template gratis yang banyak didistribusikan di internet. Selain prosesnya lebih cepat, desain template yang tersedia juga beragam dan unik. Silahkan pilih dan aplikasikan ke blog kalian.

 Untuk mendapatkan template-template unik dengan berbagai gaya desain yang bagus, mari kita menuju ke Google.com. Masukkan keywords “free blog template” lanjutkan dengan tekan enter. Otomatis dalam 1 – 4 detik Google akan menampilkan hasil pencariannya. Jika menggunakan browser Mozilla sebaiknya klik kanan dan pilih 'new tab' untuk menuju halaman web yang menyediakan desain template blog gratis. Tentukan template terbaik untuk diaplikasikan pada blog baru kalian. Baca selengkapnya deskripsi template tersebut. Download dan simpan di harddisk.

 Ekstrak file template (biasanya berekstensi *.xml). Selanjutnya kita menuju halaman dasbor pada blogspot. Caranya buka browser baru, ketikkan alamat url blogspot, http://www.blogspot.com. Masukkan username dan password, klik tombol 'masuk'. Setelah berada pada halaman dasbor, segera arahkan panah mouse ke Layout dan klik link tersebut. Tunggu beberapa saat sampai halaman yang dituju terbuka penuh. Klik pada link 'edit html' kemudian cari dan klik tombol browse.

 Pilih file template yang tadi telah diekstrak. Pilih file template dan open. Tunggu beberapa saat... dan Woila! Template baru berhasil di upload! Langkah terakhir adalah klik tombol 'simpan'. Untuk melihat hasilnya klik tombol 'pra tinjau', layar browser baru akan terbuka dan menampilkan blog sesuai desain template yang barusan di upload. Nah! Bagaimana menurut kalian? Mudah khan mendesain ulang blog!?.

 Jika kalian ingin merubah template blog dengan yang lebih unik, silahkan ikuti langkah yang sama tadi. Sering-seringlah melakukan uji coba merubah template blog untuk lebih memahami cara kerjanya. Namun perlu diperhatikan pula jika kalian ingin mahir 'mengutak-atik' blog sebaiknya buatlah blog baru yang khusus dijadikan sebagai sarana uji coba. Jangan lakukan uji coba pada blog utama sebab bisa mempengaruhi citra blog kalian sendiri. Membuat beberapa blog dengan satu account diijinkan blogspot. Namun demikian sebaiknya satu account hanya untuk satu blog.



2 komentar:

  1. thanks for the overview but sy rasa perlu dikupas lebih dalam lagi but,, thanks anyway

    BalasHapus
  2. wah terimakasih,,, kunjungi blog saya ya,,,

    http://gismaginanjar.blogspot.com/

    BalasHapus