21 Maret 2009

Tips Memilih Themes Bagi Blogger Pemula

Blogger pemula sering mengalami kesulitan dalam memperkenalkan seluruh hasil karyanya kepada blogger lain. Dari hasil pengamatan Penulis setelah melanglang buana di dunia blog Indonesia, ternyata penulis menemukan banyak sekali blog dengan konten dan tutorial yang sangat bagus namun masih “sepi”. Salah satu penyebab sepinya pengunjung sebuah blog adalah karena desain atau template yang dipilih terlalu sederhana atau kadang justru terlalu over style sehingga memberatkan daya kerja browser saat proses loading berlangsung. Pada akhirnya kunjungan dari blogger lain tidak pernah terjadi berulang karena proses loading yang terlalu lamban atau karena style yang terlalu “sederhana dan mudah dilupakan”.

 Jika blog kalian sepi karena kedua hal diatas, maka sebaiknya segera pertimbangkan alternatif template yang berbeda dengan style yang unik, enak dipandang dan cepat di load.

 Okey!? Jika harus mengganti themes atau templates, mari kita lihat tips-tips berukit ini:
CSS Style
Cari lah template blog dengan sesedikit mungkin penggunaan background image namun tetap enak dan unik dimata saat berkunjung karena lebih memanfaatkan style css sebagai art desainnya. Theme dengan full css style akan lebih baik lagi. Sebab template dengan css style yang berat sekalipun masih bisa 'ditangani' oleh php-speedy, salah satu plugin yang akan membantu mempercepat proses loading blog melalui kompresi dan merger beberapa file css dab jvscript menjadi satu file tunggal. Sedangkan blog dengan image yang berlebihan, apalagi filenya berukuran besar, cenderung menghambat proses loading yang sampai saat ini masih belum ditemukan solusi terbaik guna mempercepat akses sebuah blog atau web dengan konten-konten images.

 Jika memang harus menggunakan images, usahakan format *.GIF sebagai pilihan dengan ukuran lebar proporsional maksimum 150 pixel. Ukuran tersebut sudah cukup memberi arti walaupun masih cukup berpengaruh minus bagi kecepatan loading sebuah web atau blog.

 Terakhir, berikan sesuatu yang banyak diperlukan orang lain. Bukan hanya konten tutorial yang menarik tetapi juga berbagai produk ebook dan software atau script gratis lainnya di blog kalian. Buatlah kategori download dalam blog dan berikan deskripsi singkat disertai link downloadnya.

 Dengan menjalankan tips-tips sederhana tersebut, penulis yakin blog kalian akan semakin sering dikunjungi blogger lain yang sudah dikenal sebelumnya maupun mereka yang masih baru di dunia blogging.




1 komentar: