11 September 2009

Teknologi Informatika SMA BOPKRI 2 Yogyakarta

Sudah bukan 'barang' baru lagi Teknologi Informatika menjadi media Pendidikan. Pembelajaran dengan menerapkan media lebih diminati oleh para siswa karena model pembelajaran seperti ini memberikan pengalaman belajar pada siswa. Belajar yang merupakan proses akan menjadi bermakna jika siswa menjadi subjek pembelajaran karena pada hakikatnya pembelajaran itu akan menjadi bermanfaat jika siswa dapat menerapkan dalam kehidupannya.

SMA BOPKRI 2 Yogyakarta pun sebagai sebuah lembaga pendidikan telah menjawab pemanfaatan teknologi informasi ini dengan menyediakan fasilitas komputer, akses internet dan pembelajarannya guna peningkatan kemampuan siswa di bidang teknologi.

Perkembangan penggunaan Komputer sebagai salah satu media pembelajaran berkembang sangat pesat, demikian juga perkembangan teknologi internet juga mengalami perkembangan yang luar biasa. Dahulu orang Indonesia akan berpikir dua kali apabila mendengar kata Komputer dan Internet karena kedua hal ini merupakan 'barang' yang langka dan mahal untuk dimiliki atau bahkan dinikmati. Tetapi pandangan itu saat ini sudah tidak ada lagi, orang dapat dengan mudah memiliki komputer (baik PC maupun Notebook) dengan harga yang terjangkau dan dengan mudah mengoperasikannya, orang juga dapat menggunakan fasilitas internet dengan mudah dan murah, bisa dibayangkan dengan memanfaatkan fasilitas GPRS dari Handphone saja orang akan mendapatkan informasi melalui internet. Bahkan bisa dikatakan bahwa Booming Teknologi Informasi sekarang sudah dirasakan, tidak mengenal umur, tidak mengenal tempat dan lain-lain.

Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran merupakan tanggapan positif dari lembaga pendidikan karena menjadi sarana untuk mengajarkan pemanfaatan teknologi dengan tepat. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran memang lebih efektif namun ada sisi negatif yang tidak dapat diabaikan yakni siswa dapat mengenal situs-situs yang dapat mempengaruhi mentalnya. Pemanfaatan media internet bukan saja mengenalkan manfaat teknologi dan informasi tetapi juga menyadarkan bahwa pemanfaatan teknologi secara salah dapat berakibat buruk bagi jiwanya.

SMA BOPKRI 2 Yogyakarta atau lebih dikenal dengan sebutan SMA BODA yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman 87 Yogyakarta merupakan sebuah Lembaga Pendidikan dibawah Yayasan BOPKRI (Badan Oesaha Pendidikan Kristen Indonesia) yang mempunyai misi menjadi sekolah yang berkualitas baik dalam bidang pengetahuan, sikap dan keterampilan berdasarkan ajaran kasih Tuhan, mempunyai tugas untuk membentuk Generasi Muda lebih berpengetahuan dan berdedikasi yang tinggi dalam menerapkan teknologi. SMA BODA tidak hanya membentuk siswa yang pandai dalam pendidikan formal saja tetapi juga mempunyai tanggung jawab untuk membentuk siswa yang mempunyai keterampilan untuk bekal di kehidupan selanjutnya.

Dalam membekali siswa agar memiliki keterampilan yang baik dalam bidang teknologi, SMA BODA terus mengupayakan kegiatan belajar mengajar mengarah dalam penggunaan Teknologi Informatika. SMA BODA juga terus menyiapkan infrastruktur yang kuat dalam bidang teknologi tersebut. Disamping mempersiapkan Hardware dan Software yang mampu membantu proses pembelajaran juga disiapkan Brainware yang kuat yaitu dengan terus mengadakan pelatihan-pelatihan pada semua guru mata pelajaran. Memang diakui bahwa saat ini belum semua mata pelajaran menggunakan Teknologi Informatika untuk pengajarannya tetapi sudah sebagian besar menerapkannya dan akan terus berupaya untuk menerapkannya pada semua mata pelajaran.

Tidak main-main lagi SMA BODA dalam menyiapkan Perangkat Teknologi yang mendukung proses pembelajaran diantaranya sudah disiapkan Laboratorium Komputer dengan dukungan 40 unit komputer dan Laboratorium Multimedia 25 unit komputer dimana semua sudah terakses Internet. Disamping itu di setiap Laboratorium (Lab. Fisika, Kimia, Biologi, Musik, Audio Visual, Bahasa, IPS dan Perpustakaan) sudah disediakan Fasilitas LCD Proyektor, hal ini dimaksudkan agar siswa lebih mudah berinteraksi dengan Pembelajaran berbasis Teknologi.

Pelajaran TIK (Teknologi Informatika dan Teknologo) sebagai 'kawah candra dimuka' untuk memberikan bekal dan kemampuan siswa dalam mempelajari Teknologi Informatika juga mempersiapkan pembelajaran yang interaktif. Disamping siswa belajar Aplikasi Office (MS Word, Excel, Power Point dan Front Page) siswa juga diberi materi dasar-dasar jaringan Internet (Search Engine, E-mail, Millis, Blog dan Social Networking yang lain) juga diberi materi tentang Design Grafis (Corel Draw dan Photo Shop) dengan harapan siswa akan paham tentang teknologi dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pelajaran yang lainnya juga menerapkan Teknologi Informatika seperti Pembelajaran Bahasa Inggris yang mengandalkan Tell Me More dimana siswa mampu mengukur kemampuan berbahasa Inggris dan langsung mendapatkan nilai dari kemampuannya tersebut.

Pada masa mendatang diharapkan SMA BODA bisa menerapkan e-learning sehingga siswa SMA BODA yang tersebar di seluruh Indonesia ini dapat terus aktif mengikuti pelajaran meskipun sedang berlibur di kampung halamannya.

Sebagai sekolah yang terus berkembang memang disadari SMA BODA masih banyak kekurangan yang ada tetapi dengan keyakinan yang besar akan terus belajar, belajar dan belajar dalam menerapkan Teknologi dalam pendidikan karena SMA BODA mempunyai anggapan adalah salah kalau belum mencoba tapi sudah menyalahkannya.

31 Januari 2009 kemarin, BODA menggelar Open House sebagai sarana masyarakat untuk mengenal BODA lebih mendalam. Fasilitas dan upaya apa saja yang telah dilakukan BODA untuk memberi bekal kepada siswa dalam kehidupannya. Proses pembelajaran yang bukan hanya berorientasi pada pengetahuan tapi juga keterampilan untuk semua kalangan agar melihat secara langsung apa yang ada di SMA BODA. Acara ini merupakan pembukaan dari rangkaian acara Lustrum SMA BODA ke-12. SMA BODA juga sedang menyiapkan beberapa website yang bisa digunakan untuk mengenal tentang SMA BODA secara dekat yaitu www.smabopkri2-yk.sch.id dan www.smabodalabkom.com. SMA BODA juga mengundang pelajar SMP se Indonesia untuk ikut merasakan pendidikan di SMA BODA yang tidak hanya mengedepankan pendidikan pengetahuan saja tetapi juga keterampilan untuk bekal hidup. Selamat bergabung dengan SMA BODA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar