30 Maret 2009

Dapat Dollar dari BlogRoll Link

Satu lagi jalur penghasil dolar dari blog kalian adalah BlogRoll. Selain menjadi ruang bagi link rekan-rekan blogger lainnya, ruang BlogRoll juga bisa bermanfaat sebagai ruang private penghasil dolar gratis dari internet. Terutama dari weblog yang memiliki traffic tinggi hingga ribuan pengunjung setiap harinya.

BlogRoll menjadi pilihan karena ruang pada sidebar disetiap blog ini sangat mudah diisi dengan sebanyak link yang kalian mau. Baik itu link gratisan maupun 'paid' link atau link berbayar. Penempatan link berbayar atau paid link pada BlogRoll memiliki citra baik ketika kita menawarkannya kepada blogger lain untuk mendapatkan linkback dari blog yang kita kelola. Terutama tawaran kepada blogger luar.

Blogroll menjadi tempat yang tepat sebagai ruang “paid link” karena linkback yang diberikan menempati posisi seluruh halaman blog. Posisi ini memiliki nilai lebih karena web link yang ditempatkan disana dikenal oleh search engine sebagai link url yang tersebar luas diseluruh halaman blog yang terbilang selalu up to date dengan konten-konten baru secara berkala. Akibat positifnya, ranking pada sebuah halaman artikel blog akan berpengaruh besar bagi link yang ada di dalamnya.

Umumnya para pemilik blog maupun mereka yang bersedia membayar sejumlah uang untuk membeli tempat di BlogRoll mengetahui sistem kerja search engine yang demikian. Dengan sedikit kemampuan bahasa marketing yang “menjual” kalian dapat menyewakan ruang iklan teks link di BlogRoll setara dengan $25 per bulan. Apalagi jika blog yang dikelola memiliki traffic ribuan pengunjung setiap hari, nilai jualnya pun makin tinggi. Bahkan ada yang mampu menjual pada angka $75.

Seorang rekan blogger dari Singapura pernah bercerita kepada redaktur melalui PM di forum Sitepoint bahwa ia mampu menjual link pada BlogRoll di blog yang dikelolanya seharga $75 per satu teks link per bulan. Padahal blognya baru menduduki PR1 dan traffic hariannya hanya 500 orang. Setelah ditanyakan bagaimana caranya sehingga ia mampu menyewakan teks link dengan harga yang terbilang cukup tinggi mengingat traffic dan PR1 blognya cuma “segitu”.

Jawabannya adalah pada relevansi blog terhadap linkback yang ditawarkan kepada blogger lain. Maksudnya jika tema dan konten blog kalian tentang Bisnis Online sebaiknya buatlah beberapa kategori dan konten artikel yang mengandung istilah-istilah yang umum dipakai di dunia internet. Misalnya: “internet marketing, blog seo, seo money, blog money, make money, affiliate marketing, free marketing, tutorial, internet marketing ebook, blog master” dan istilah-istilah lain yang sejalan dengan pemasaran internet. Kategori dan konten dengan istilah “general (umum)” tadi memiliki keterikatan kuat dengan relevansi linkback internet marketing.

Tahap berikutnya tawarkanlah linkback melalui Market Place di forum Digitalpoint. Kenapa harus forum Digitalpoin? Karena berdasarkan pengalaman penulis, forum ini adalah yang tercepat mampu memberikan respon penjualan lebih cepat bahkan dibanding iklan-iklan PTC sekalipun. Penulis sendiri pernah beberapa kali mencatat keberhasilan menjual ebook, linkback dan lain-lain hanya dalam waktu 5 menit setelah penawaran di kirim melalui thread baru. Bahkan setelah berjalan beberapa minggu penulis mampu menjual produk-produk digital hingga beberapa kali lipat lebih banyak dibanding menggunakan sistem PTC yang terkenal itu.

Selain artikel atau postingan yang relevan, blogger lain juga suka menempatkan link berbayar mereka pada blog theme directory sebab traffic yang tinggi menjadi pilihan terbaik jika produk “affiliate program” adalah pilihan bisnis mereka.

Akhirnya buatlah penawaran yang tepat sasaran atau “targeted”, gunakanlah istilah marketing yang general disebagian besar kategori dan konten artikel blog jika ingin menjaring buyer potensial dari luar. Jangan lupa untuk menawarkan kepada para affiliates untuk menempatkan link affiliasi mereka di BlogRoll kalian terutama jika blog yang dikelola adalah blog direktori template yang memang selalu mendapat traffic paling tinggi diantara blog-blog bertema lain. Jangan lupa sampaikan informasi detil tentang pagerank dan traffic statistik web blog kalian kepada calon klien agar mereka tahu pasti bahwa uang yang dikeluarkan untuk menyewa ruang iklan teks link di BlogRoll kalian tidak akan sia-sia.

2 komentar: