13 Maret 2009

Sudahkah Kalian Blog Walking Hari Ini?

Bingung karena website blognya sunyi? Atau bahkan hampir tidak ada pengunjung sama sekali? Ada cara mudah 'beretika' yang cepat menarik jumlah pengunjung ke website blog kalian.

 Tips ini sangat mudah dan digunakan oleh banyak blogger lain dalam meningkatkan jumlah traffic maupun menambah teman blogger dari seluruh Indonesia. Terutama bagi blogger pemula cara ini sangat disarankan agar blog kalian lebih cepat dikenal oleh blogger lainnya.

 Sesuai namanya, blog walking bisa diterjemahkan secara lurus dengan arti jalan-jalan ke blog lain. Kenapa harus jalan-jalan ke blog lain? Apa manfaatnya? Jika itu penting, apa yang akan kita lakukan do blog orang lain? Baiklah, kita akan menjawabnya bersama-sama, kenapa perlu blog walking.

 Pertama, mari kita menuju Google. Lakukan search untuk keywords yang sering digunakan oleh blog kalian. Lihat hasilnya jika blog kalian tidak berada pada halaman 1 sampai 3, maka kunjungilah beberapa website blog yang ada di halaman pertama dari hasil pencarian atas keywords kalian tadi. Amati keywords yang barusan dicari pada seluruh halaman utama blog yang dikunjungi. Jika kalian menemukan keywords tersebut, amati sekali lagi, keywords tersebut berada dimana. Apakah di kolom komentar, judul artikel, kategori, ataukah nama blog dan deskripsinya. Atau bahkan di semua bagian yang disebutkan tadi? Itu pertanda bahwa blog tersebut kaya akan keywords yang sama dengan blog kalian. Pelajaran yang bisa diambil dari sini adalah kalian bisa mengupgrade website blog yang dimiliki dengan pola yang digunakan blog lain dalam menempatkan keywords utama mereka. Itulah jawaban pertama pentingnya blog walking.

 Kedua, sewaktu berada di blog yang dikunjungi tadi, bacalah beberapa artikel disana. Karena bisa saja kalian menemukan tips-tips bagus lainnya yang mungkin bisa diterapkan di weblog kalian. Tinggalkan komentar yang bersifat positif atas artikel-artikel yang sudah dibaca. Jika memang diperlukan sedikit kritik atau saran, tulislah dalam bahasa positif. Jangan isi form komentar yang disediakan secara lengkap termasuk nama, email dan web url. Setelah komentar kalian dimuat berarti web url (link) blog kalian juga akan tampil disana. Secara tidak langsung kalian telah menggunakan kolom promosi blog namun dengan cara yang penuh etika. Itulah pentingnya blog walking yang kedua.

 Ketiga, ketika web link kalian berada pada sebuah blog rekan blogger lain secara permanen, itu berarti peluang untuk lebih dikenal oleh Google semakin besar. Terutama jika artikel yang dikomentari sejalan dengan keywords di blog kalian. Itu manfaat ketiga yang bisa diperoleh dari blog walking.

 Keempat, yang jelas kalian telah menambah teman dan secara langsung maupun tidak jaringan online kalian telah terbentuk melalui blog walking dan komentar yang ditulis pada blog lain. Blogger lain yang kebetulan berkunjung ke blog yang kalian sambangi juga umumnya suka melihat-lihat blog baru yang memang sering ditemui di blog-blog terkenal.

 Nah sampai disini, sebelum dilanjutkan penulis ingin bertanya pada kalian, “sudahkah kalian blog walking hari ini?”. Jika belum, bila ada kesempatan online hari ini segera blog walking sebelum memulai aktifitas lainnya di blog kalian. Tetapi kalau masih asyik membaca artikel ini dan ingin mengetahui semua manfaat blog walking, ayo kita baca terus. Dan praktekkan jika sudah online. Okey!?

 Kelima, sampai disini penulis yakin kalian sudah tahu pentingnya blog walking. Jadi mari kita mulai merambah sedikit keluar. Lho?! Blog walking keluar? Maksudnya apa? Maksudnya adalah kita jangan lupa untuk blog walking juga ke beberapa blog lain yang berbahasa Inggris. Karena umumnya blog-blog berbahasa Inggris banyak dikunjungi oleh mereka yang punya hobi ngeblog. Keuntungannya adalah selain link web blog kalian tercatat pada web blog disana, kemungkinan untuk dikunjungi balik juga besar. Apalagi jika komentar atas artikel-artikelnya sedikit berisi kata-kata ajakan untuk mengunjungi web blog kalian. Kunjungan yang datang dari lain di luar negeri tentunya membawa catatan 'baik' tersendiri bagi statistik traffic dari Alexa Rank. Karena Alexa mencatat statistik traffic sebuah web berdasarkan IP pengunjung yang berbeda pula. Semakin banyak pengunjung dengan beragam IP nilai traffic akan semakin baik.

 Untuk tidak memperpanjang waktu sebaiknya baca dan kunjungi website blog berikut ini yang masuk dalam rekomendasi penulis untuk dikunjungi: zalukhu.com, ekonurhuda.com, ardypratama.com, rizoa.com, tongkonanku.blogspot.com, kristianpraba.com, arikaka.com, babegue.net, tikabanget.com, habibieafsyah.com, seokita.com, dan banyak lagi blog lain yang terus dikunjungi oleh blog penulis. Untuk mudahnya, kalian bisa search dari Google dengan mengetikkan nama domain www.centralhandicraftyogyakarta.blogspot.com. Kunjungi blog mereka dan baca artikel-artikel yang berhubungan dengan blog kalian dan jangan lupa berikan komentar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar