13 Maret 2009

Tips Upload FlashFXP

Menanggapi para beberapa permintaan para webmaster pemula agar penulis menghadirkan artikel tentang Upload, berikut adalah tips-tips dasar upload file ke webserver menggunakan FlashFXP. 

 FlashFXP, selain sangat mudah dioperasikan juga kinerjanya sangat baik sehingga menghindari 'kekesalan' yang sering terjadi diwaktu tahap pembelajaran bagi webmaster pemula.

 FlashFXP adalah uploader yang familiar, cepat dan hampir tidak bermasalah saat dioperasikan oleh pemula sekalipun. Setidaknya itu yang penulis rasakan saat pertama kali menggunakan program ini untuk upload file-file berat maupun file web sejak beberapa tahun terakhir. Sekalipun FlashFXP memiliki banyak fitur yang bisa membantu proses uploading lebih baik namun pada kesempatan ini kita tidak membahasnya. Kita akan lebih fokus pada tahap-tahap upload file saja.

 Baiklah, mari kita mulai dari mengakses file program FlashFXP. Kita anggap saja program ini telah terinstall di komputer kalian. Jika belum memiliki program ini, kalian bisa mendownloadnya dari website officenya di http://www.flashfxp.com/.

 Langkah berikutnya, buatlah account baru sesuai yang diberikan oleh webserver host kalian. Caranya tekan tombol F4 atau 'Sites>Site Manager'. Jendela form baru akan muncul. Arahkan mouse kalian dan pilih folder “Software Archive” pada kolom sebelah kiri. Klik tombol New Site. Otomatis akan memunculkan jendela form baru, isi dengan sembarang nama atau sesuai nama web kalian kemudian klik tombol OK. Tahap pembuatan account hampir selesai.

 Isilah form IP Address dengan web url atau alamat ftp yang diberikan. Jangan lupa username dan password juga harus diisi dengan lengkap. Kemudian klik tombol Apply dan diikuti dengan tombol Connect. Tunggu beberapa saat (30 detik) dan kalian akan masuk ke root server web kalian. Disana terdapat beberapa folder. Pilih folder public_html dan klik dua kali. Folder akan terbuka dan hanya berisi folder lain (cgi-bin). Itu tandanya kalian belum mengisi file apapun disana.

 Upload seluruh file yang kalian inginkan ke dalam folder public_html tadi. Jika file-file yang di upload berada dalam satu folder (biasanya file images atau gambar dalam folder images) maka kalian bisa menguploadnya dengan cara yang sama saat mengupload file tunggal. Caranya klik 'tahan' pada folder images yang masih berada di kolom sebelah kiri dan drag ke kolom sebelah kanan. Proses upload file biasanya akan memakan waktu 0,15 detik per satu file yang berukuran 10kb. Setelah proses uploading selesai, kalian mencoba melihatnya di web browser dengan cara mengetik alamat url kalian. 

1 komentar: