31 Maret 2009

Tentukan Target Pasar Bisnis Online

Satu pengalaman menarik ketika pertama kali mencoba bisnis online melalui produk digital ebook cover creator. Beberapa minggu dijalankan masih saja belum ada satu pun pembeli. Sampai-sampai penulis bingung trik apalagi yang harus diterapkan untuk menjaring pembeli sebanyak mungkin?

Mendaftar di search engine sudah. Gabung di beberapa news group pun sudah dilakukan, namun penjualan masih nol. “Apa harus dipelet tuh para pengunjungnya biar mau membeli produk yang kita jual disini?”, ujar salah seorang rekan sambil bergurau karena kesal melihat hasil kerja kerasnya belum membuahkan hasil apapun. Sambil tertawa penulis tetap mendiskusikan apa penyebabnya sampai beberapa minggu berlangsung belum ada satu orang pun yang tertarik membelanjakan uang PayPal atas produk ebook cover yang penulis tawarkan. Diskusi berlangsung cukup alot dan lama, hingga 5 jam.
Setelah semua kondisi dicatat dengan membuat daftar permasalahan, pada akhirnya penulis temukan bahwa “target pasar” masih belum jelas alias ngambang. Belum ada ketegasan dalam penentuan target pasar sehingga produk bagus dengan harga termurah sekali pun tetap tidak akan 'laku' jika tidak memiliki target pasar yang jelas. Dalam dunia bisnis online maupun offline, prinsip pemasaran dengan target pasar yang jelas sangat menentukan keberhasilan suatu usaha. Dengan sedikit melakukan perubahan pada konten web marketing dan penempatan iklan teks di beberapa media online yang relevan dengan produk ebook cover ternyata hasilnya luar biasa. Dalam seminggu perubahan besar terjadi ditandai dengan account PayPal bertambah minimal $100 seminggu.

Dari sini penulis menyadari jika penulis ingin menjual alat pendingin ruangan maka sebaiknya jangan menawarkannya kepada orang Eskimo di Kutub Utara. Itu sama saja mengasinkan laut dengan garam segenggam. Apa artinya garam segengggam bagi laut? Tidak akan berpengaruh apa-apa!

Berdasarkan pengalaman ini lah penulis ingin berbagi dengan kalian bahwa di bisnis online sebaiknya jangan menghindari pesaing. Jadilah bagian dari mereka. Tempatkan linkback web url disana. Bila perlu beli beberapa space iklan demi mempromosikan produk kalian. Sebab website dengan konten yang relevan berpengaruh pada besar kecil volume penjualan. Semua webmaster dan online marketer mengetahui hal ini.

Target pasar bisa ditentukan dari perilaku calon konsumen yang umumnya haus terhadap informasi detil sebuah produk sebelum mereka memutuskan untuk membelinya. Upaya mempelajari perilaku konsumen bisa melalui kuis atau polling terhadap informasi produk apa saja yang mereka perlukan secara berkala dari kalian? Atau dapat juga melalui form diskusi yang kalian bangun sebagai support atas produk ebook tentang bagaimana cara membangun toko online, tentunya kalian tidak akan mencarinya di website yang menjual layanan pariwisata. Langkah pasti pertama yang dilakukan tentunya kalian akan menuju ke search engine untuk kemudian mengetikkan keyword “Cara Bangun Toko Online” atau Bagaimana Cara Membuat Website Toko Online”. Secara tidak langsung dengan mencari informasi tadi melalui search engine kalian telah mempermudah para online marketer untuk menggunakan keywords tersebut sebagai salah satu indikator paling tepat demi membangun target pasar dibidang pemasaran website script e-store.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar