08 Juni 2009

Programmer SMADAV 3.7

Siapa programmer SMADAV 3.7? Mengapa dinamai SMADAV 3.7? Apa yang mengantar sang programmer untuk mau capek-capek menyusun program hebat ini? Bagaimana pendapatnya sendiri soal antivirus hasilnya karyanya itu?


Adalah seorang Zainuddin Nafarin, pria lulusan SMA 2 Pahandut, Palangkaraya. Sudah sejak kelas 2 SMA sudah mulai belajar programming (Visual Basic). Namun minatnya ini harus terhenti sementara waktu karena harus menghadapi Olimpiade Sains Nasional di bidang Matematika dan harus menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi.


Saat ini sang programmer sedang meneruskan pendidikannya di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta di Fakultas MIPA Jurusan Matematika Murni. Menurutnya alasan ia menamakan antivirus dengan nama SMADAV karena “Saya namakan SmadAV karena SMA saya adalah SMA 2 Palangkaraya, biasa dipanggil Smada. Jadi SmadAV = Smada + AV (Smada AntiVirus)”.


Zainuddin dengan seluruh team barunya (update 17 November 2008) memiliki 3 divisi yakni: Divisi Viser (Virus Searcher), terdiri dari Shinichi_Kudo sebagai ketua tim, Mohammad Bany, Ryan Bekabe. Divisi Supro (Support Programmer) yakni Peradnya sebagai ketua tim, Ridzkylank, Chung Chin dan terakhir adalah Divisi Forweb (Website dan Forum Admin) diketuai oleh Dwi Darmatin, Mirza Khadnezar, Nasution Sofyan dan Manap A.

Alasan Zainuddin membangun SMADAV adalah “Sejak ada beberapa teman penulis yang meminta penulis agar membersihkan komputernya dari virus-virus lokal yang menjengkelkan padahal penulis juga masih cukup awam tentang virus lokal waktu itu. Ada 2 yang menjengkelkan disini, pertama virus lokalnya sendiri. Kedua saya harus datang ke rumah masing-masing teman saya tersebut untuk “membantu” membersihkan virus lokal di komputernya secara manual. Karena hal inilah mau tidak mau harus mau :-) agar teman saya tetap terbantu dan saya tidak repot lagi, sejak saat itu saya mulai mengembangkan aplikasi pembersih virus, SmadAV.


Selanjutnya, “Saya Mengembangkan SmadAV sejak Oktober 2006 tanpa henti sampai akhirnya stop di bulan Mei 2007 dan baru mulai lagi sekarang. Kenapa? (Kayaknya banyak yang nanya gini, tapi belum pernah saya jawab:). Karena pada Mei 2007 saya akan mengikuti Olimpiade Matematika tingkat Provinsi (Lho kenapa gak ikut Olimpiade Komputer? Karena sejak kelas X sudah ikut Matematika:), waktu itu saya pikir untuk sementara saya harus konsen dulu ke Olimpiade. Tapi karena saya (kebetulan) lolos lagi sampai tingkat Nasional, mau tidak mau saya tetap konsentrasi di Olimpiade sampai akhir Oktober 2007”.


Setelah Olimpiade berakhir, lagi-lagi Zainuddin pikir belum memungkinkan untuk kembali mengembangkan SmadAV karena waktu itu telah kelas 3 SMA dan harus mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional dan mempersiapkan diri dengan baik agar bisa mendapatkan nilai akademik yang bagus menjelang ujian masuk perguruan tinggi.





1 komentar:

  1. thx 4 info na....

    follow n komentari blog aq ea...
    http://hennyjuztnorisfa.blogspot.com

    BalasHapus